Bengkel Resmi Mahal di Harga

f:id:a7bet:20190717153624j:plain

Toyota serta Daihatsu adalah dua pabrikan otomotif yang mempunyai banyak produk kerjasama di Indonesia.

Sekarang ini paling tidak ada 4 mode mobil kerjasama yang ditawarkan dengan fragmen berlainan. Sebutlah saja Agya-Ayla, Calya-Sigra, Avanza-Xenia, serta Rush-Terios Produk kembar itu juga dapat disebut sama dari sisi exterior, interior, sampai mesin.

Dengan adanya banyak produk kerjasama itu, apa mobil-mobil Daihatsu bisa servis di bengkel sah Toyota seperti di Auto2000? Menyikapi hal itu, Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000 mulai bicara. "Kita dengan payung ada dibawah PT Astra Internasional.

Dimana kita ada Toyota Sales Operation serta ada Daihatsu Sales Operation. Tetapi principal-nya berlainan, meskipun Daihatsu ownership by Toyota," papar Ricky, Rabu (20/03/2019), di Auto2000 Singosari.

Lalu dalam kondisi genting, apa sangat mungkin?

" Di Astra Internasional ada Astra World, ini menolong kendaraan yang berbentuk emergency. Seperti ERA (Emergency Road Assistance) yang diperlengkapi mobil gendong. Jika di Astra World ada mekanik yang dapat handle Toyota atau Daihatsu. Jadi di-handle dibawah Astra World serta naungannya Astra Internasional," pungkas Ricky.

f:id:a7bet:20190717153902j:plain

Ongkos Servis

Banyak asumsi jika ongkos servis di bengkel sah itu dapat kuras kantong. Atas fakta berikut banyak beberapa pemilik mobil malas lakukan perawatan kendaraannya di bengkel sah.

Menyikapi ini, Toto Yulianto sebagai Section Head of Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebutkan ongkos yang dikeluarkan untuk servis di bengkel sah sebetulnya masih logis serta lumrah.

Dianya memberikan contoh ongkos servis untuk Suzuki Ertiga. Menurut dia, untuk 2,5 tahun pertama atau pemakaian sampai 50.000 km. (km), customer diuntungkan sebab layanan servis masih gratis.

Untuk didapati, Suzuki memberi enam babak servis gratis sepanjang 2,5 tahun, yakni 1.000, 10.000, 20.000, 30.000, 40.000, serta 50.000 km.

Sesaat untuk keseluruhan ongkos pergantian part sepanjang 2,5 tahun atau dari 0-50.000 km cuma Rp 2.368.300 untuk mobil manual serta Rp 2.578.300 untuk matik.

"Ongkos perawatan untuk 2,5 tahun selanjutnya masih dapat dijangkau," kata Toto.

Dianya menguraikan, keseluruhan ongkos servis 2,5 tahun selanjutnya atau dari 60.000 km sampai 100.000 km untuk biaya jasanya saja cuma 2.060.000. Sesaat untuk pergantian spare part selama saat itu sampai Rp 2.685.700 (manual) serta Rp 2.700.700 (matik).

Mengenai kontrol lengkap waktu servis periodik, mencakup bidang mesin (v-belt, engine coolant, timing belt & engine mounting), emission control (emisi gas buang), ignition sistem (busi & ignition timing), fuel sistem (filter udara, fuel line & filter bensin), brake sistem (keadaan brake fluid level, brake pad & hand brake), dan chassis & bodi (kopling, AC, steering sistem, keadaan ban, air wiper, hand brake, aki, lampu-lampu, propeller/drive shaft & mengencangkan baut roda).

f:id:a7bet:20190717153924j:plain

Pabrikan Lain

Seperti pabrikan yang lain, Suzuki mempunyai hotline service 24 jam yaitu Halo Suzuki. Lewat service ini, customer dapat minta pertolongan bila kendaraan terhalang atau cari info sekitar Suzuki terhitung booking service di bengkel sah.

Toto menerangkan, terima 3000 call in dari customer per bulannya. Umumnya bertanya info sekitar produk dan sebagainya. Dari telephone yang masuk ada-ada saja beberapa hal remeh yang sebetulnya dapat terjawab bila customer baca buku panduan kendaraan.

"Customer itu jarang-jarang baca buku panduan. Bahkan juga sampai ada yang bertanya tempat dongkrak dimana. Itu betul-betul berlangsung sebab mereka tidak paham karena itu mereka telephone ke call center hanya untuk nanya itu," katanya.

Dia menyebutkan, ada banyak customer yang masih kurang manfaatkan telnologi. "50 % customer booking service lewat Halo Suzuki, tetapi booking service lewat online masih minim sekali, angkanya dibawah 1 %," katanya.

Sebatas info, di selama tahun kemarin bengkel sah Suzuki didatangi 981.575 unit atau rata-rata per bulan 81.798 unit. Serta di tahun ini Suzuki membidik 90 ribu unit per bulan.

Ya, Lexus adalah divisi mobil elegan punya Toyota, hingga teknisi Toyota juga telah dilatih supaya dapat mengatasi mobil Lexus. Akan tetapi, untuk pemilik mobil Lexus tidak langsung bisa servis, sebab harus booking terlebih dulu.

" Untuk mobil Lexus, customer konsultasi terlebih dulu ke Lexus pusat di Jakarta. Kelak suku cadang akan diantar ke bengkel Auto2000 yang dituju, misalnya saja ke Surabaya. Customer Lexus juga tidak dipakai ongkos, sebab Lexus yang masih juga dalam waktu garansi, ongkos suku cadang serta layanan masih di-cover," sambung Totok.

Tidak cuma mobil elegan Lexus, mobil sejenis hybrid juga dapat diservis di Auto2000 tanpa masalah. Totok akui sudah pernah mendapatkan customer Toyota Camry hybrid yang baterainya harusnya ditukar. "Saat itu kita sudah pernah ubah baterei Camry hybrid, ongkos baterei plus layanan sampai 60 juta rupiah. Untuk baterei sampah kita berikan ke TAM, sebab di kita belumlah ada sarana pemrosesan sampah baterei," pungkas Totok.